Senin, 04 April 2016

Pengaruh Musik Terhadap Kegiatan Sehari-hari


Mendengarkan musik adalah aktivitas yang biasa dan sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari guys. Mendengarkan musik adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan mendengarkan musik, menghayati serta menikmatinya dengan santai, kita bisa merasakan ketenangan dan relaksasi. Cara menikmati musik dari setiap orang pun berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Kita biasa menikmati musik dengan cara mendengarkan lagu-lagu, bernyanyi, memainkan alat music, atau bahkan dengan menciptakan lagu sendiri. Ada berbagai macam aliran musik yang ada di dunia. Diantaranya adalah musik klasik, musik rakyat/musik tradisional, musik keagamaan (gambus, qasidah, nasyid), blues, jazz, country, rock, pop, R&B, dll. Biasanya orang orang akan lebih senang mendengarkan genre nya masing masing, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk mendengar genre yang lain juga hehehehe

Eh, tau gak guys kalau studi ilmiah telah menemukan bahwa musik memang benar-benar bisa mengubah suasana hati kita loh, dan bahkan bisa membantu kita untuk berkonsentrasi. Para ahli telah melihat efek musik yang memiliki kekuatan yang mungkin bisa membantu kita untuk mengikuti sebuah perlombaan, mempersiapkan ujian, atau menghilangkan stres. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu bisa memberikan efek yang nyata pada berbagai bagian otak yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek, seperti memori dan visual. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik bisa mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran, dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik.
            Dari semua studi yang dihasilkan peneletian, ternyata musik sangat berdampak juga terhadap psikologi loh guys berikut hasil dari penelitian dari orang orang yang meneliti kehebatan musik

Meningkatkan mood atau suasana hati

Beberapa orang mendengarkan musik untuk membantu memberikan dorongan pada saat melewati hari yang berat, sementara yang lain mungkin mendengarkan musik agar tetap terjaga selama menyetir mobil. Setiap orang bereaksi terhadap musik dengan cara yang berbeda. Satu orang mungkin menyukai musik metal atau dangdut, sementara yang lain akan merasa bahagia jika mendengarkan Mozart.

Apapun pilihan jenis musik Kalian guys, sebuah penelitian tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan pada Nature Neuroscience, telah menunjukkan bahwa memainkan musik favorit bisa membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Otak sangat rumit – dan ada banyak sekali unsur yang bisa ikut menciptakan perasaan senang atau bahagia – dan tidak mengherankan jika penelitian menunjukkan adanya pelepasan dopamin, yang berhubungan dengan perasaan senang karena mendengarkan musik.

Membantu lebih Fokus

Musik bahkan mungkin dapat membantu Kita berkonsentrasi. Sebuah ‘tonic digital’ baru yang disebut Ubrain, yang bisa diunduh ke smartphone, diklaim bisa membantu orang untuk bisa fokus, berenergi, bangkit, serta bersantai. Proses ini menggunakan dua ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat, yang dapat merangsang aktivitas tertentu di dalam otak. Dengan membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan. – jelas seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris Brigitte Forgeot.

Kemampuan berjalan lebih lama

Pilihan lagu terbaik untuk olahraga adalah lagu yang memiliki beat yang sesuai dengan tempo langkah kita berjalan, karena bisa menghasilkan efek metronomic pada tubuh, yang memungkinkan kita mampu berjalan lebih lama. Dan mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu kita bisa berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University di London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15 persen, membantu menurunkan persepsi usaha selama olahraga, serta meningkatkan efisiensi energi hingga satu atau tiga persen.

Kesehatan mental yang lebih baik

Musik bisa sebagai pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang yang berurusan dengan kondisi kesehatan mental. Ada dua cara terapi musik yang berbeda bisa digunakan: Baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri,dan untuk restoratif atau penyembuhan.

Seseorang sangat mungkin untuk menggunakan musik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan dengan kata-kata. Hal ini juga bisa bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan kenangan lama yang telah terkubur atau untuk membangkitkan tanggapan emosional yang mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu untuk bisa disampaikan.

Melepaskan stres

Hampir sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan untuk memberikan dorongan suasana hati yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan hampir satu dari empat orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres. Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus ketika Kita merasa merasa stres. Putarlah salah satu lagu favorit kalian, karena itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan.


Wow ternyata dampak dari kita mendengarkan musik sangat banyak juga yah guys, jadi tunggu apalagi ayo dengarkan musik kalian dan nikmatilah sentuhan nya hehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar