Senin, 04 April 2016

Tips Belajar Piano bagi Pemula


Seperti janjiku di postingan sebelum nya, kali ini aku akan memposting tulisan tips bermain piano dengan mudah. Piano adalah alat musik yang cukup digemari oleh hampir semua kalangan musisi dan orang awam. Mulai dari anak anak hingga dewasa, banyak yang menyukai alat musik satu ini. Selain berbunyi nyaring dan lembut, ditangan para pakar piano, dengan mendengarkan permainan alat musik ini akan membuat kita lebih tenang dan damai. Oleh sebab itu, banyak sekali yang ingin belajar tentang piano loh, atau hampir banyak yang minat untuk belajar piano hehehehe.

Piano adalah alat musik sejenis papan tombol yang cara memainkannya ditekan oleh jari tangan dengan mengkombinasikan beberapa nada sehingga membentuk irama harmonisasi sempurna jika didengarkan.

Beda nya piano dengan keyboard apa?

Alat musik piano memiliki tuts yang lebih banyak dibandingkan keyboard elektronik standar. Hal ini memang disebabkan karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin kaya variasi. Sedangkan keyboard elektronik sudah dilengkapi dengan fasilitas suara alat musik yang beragam sehingga tidak terlalu membutuhkan tuts yang banyak.

Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru suara piano, namun harganya bisa lebih murah. Kebanyakan masyarakat juga bisa menjangkau harga keyboard elektronik ini. Dari sisi pendidikan musik, tidak menjadi masalah menggunakan alat musik keyboard, yang terpenting adalah pemahaman musiknya. Selain itu juga keyboard elektronik sudah dilengkapi dengan fitur metronom maupun irama pengiring (rhythm (style)) untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu lagi membeli metronom secara terpisah. Sekarang juga sudah ada software (program) khusus metronom maupun tuner (untuk menyetel nada pada gitar atau biola), sehingga bisa disimpan di handphone, laptop, Ipod, dsb. Hal ini semakin mempermudah musisi dalam berlatih di mana saja karena sifatnya yang praktis.

Nah itu salah satu pengenalan tentang piano guys, karena belum abdol kalau kita belajar piano tapi gak tau piano itu apa hehehehe. Sekarang kita langsung aja masuk ke tips agar cepat mahir dalam bermain piano guys

Tentukan Do Mi Sol
Do Mi Sol? apa itu? sering mendengar kata Do re mi fa sol la si do' kan? nah, disini untuk membentuk akor kalian membutuhkan 3 nada dasar Do-Mi-Sol tersebut yang biasa disebut dengan triad. Dalam membentuk akor kalian perlu beberapa penyesuaian dan latihan. Perlahan kalian perlu berlatih akor tersebut dengan tangan kiri saja. Kalian perlu membuat tangan kiri kalian nyamanterlebih dahuly . Sebagai contoh, ketika kalian memainkan nada dasar C, maka nada perlu menekan tuts C-E-G agar menjadi sebuah akor triad yang terdengar harmoni. Kalian bisa memulai dengan menggabungkan beberapa not pada masing masing tuts agar menjadi satu akor yang dapat bernilai harmonis. Oleh sebab itu, kalian perlu mencari triad dari beberapa akor dasar dulu

Tentukan Nada Mayor dan Minor
Dalam mempelajari piano, tentu hampir sama seperti dengan gitar, kalian juga harus memikirkan dua nada ini yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Didalamnya kalian perlu menggunakan beberapa penggabungan yang sedikit berbeda dari yang sudah dijelaskan diatas. Nada mayor akan berbeda dengan nada minor. Biasanya nada atau kunci minor akan bernuansa sedih dan mayor bernuansa senang. Tapi keberadaan keduanya sangat penting dalam mengiringi sebuah lagu. Oleh sebab itu kalian perlu mempelajari kedua akor ini dengan baik. kalian bisa mencari referensi gambar gambar akor atau kunci dari piano baik mayor maupun minor di mbah google guys hehehe.

Menyamakan Tangan Kanan dan Kiri
Nah, ini perlu dilakukan dan dipelajari oleh pemula, kenapa mengimbangi permainan piano pada tangan kanan dan kiri memang susah, akan tetapi dalam mempelajari piano yang dapat anda lakukan adalah dengan menekan tuts piano sesuai tangan kiri dan kanan harus menekan dengan sama. Sebagai contoh, ketika kalian menekan kunci C pada tangan kiri tentu kalian perlu menekan kunci C juga pada tangan kanan. Ingat seimbangkan perpindahan kedua tangan anda juga. 

Belajar Lagu
Ini juga tidak kalah penting, dalam mempelajari sebuah alat musik kalian perlu mempelajari dan mengaplikasikan pada karya yang sudah ada. Contohnya adalah lagu. kalian bisa mencari kunci dari lagu kesukaan kalian, dengan begitu kalian dapat menemukan jalan atau kunci dari lagu kesukaan kalian tersebut. Dengan begitu kalian akan dengan mudah mengikuti permainan dari sebuah lagu tersebut. 

Jangan terlalu berpikir jauh dulu. Ingat, perlu belajar bertahap, kalian tidak dapat mempelajari sebuah permainan instrumen dengan satu hari. Permainan instrumen dari pianis pianis terkenal tergolong sulit karena banyak penggunaan teknik dan memakan latihan yang cukup lama. Oleh sebab itu, kalian dapat mempelajarinya dengan mengiringi sebagai rythm dari sebuah lagu. Tentunya kalian dapat mempelajarinya dengan seiring berjalannya waktu dan latihan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar