Sabtu, 02 April 2016

Tips Belajar Gitar untuk Pemula


Seperti sebelum postingan aku sebelum nya di “Instrumen musik bagi pemula” memilih gitar sebagai alat musik paling dasar memang sangat baik, dan sekarang bagaimana agar kita bisa dengan cepat bermain gitar tanpa ada kesalahan? Nah, dipostingan aku kali inilah yang insyallah akan menjawab nya hehehehe

Belajar gitar otodidak tidak sesulit yang ada di benak kalian kok guys. Sangat mudah untuk mempelajari gitar dan cara bermain gitar dengan benar walaupun tanpa guru. Memang cara ini akan sedikit memakan waktu sih, namun jika usaha kalian maksimal justru cara ini akan lebih cepat berhasil. Apakah kalian pernah membeli DVD lesson panduan gitar? Itu juga merupakan salah satu cara belajar gitar otodidak kok, namun cara itu memerlukan biaya untuk membelinya. Kalau kalian menginginkan yang gratis, maka kalian perlu belajar gitar melalui tekad yang kuat dulu hehehehe.

Banyak sekali orang yang ingin belajar gitar hanya kadang tidak ada pembimbingnya sehingga orang yang sedang belajar tersebut salah arah dalam bermain gitar. Dan malahan banyak juga yang udah nyerah sebelum pertempuran hehe. Gini guys, lebih bagus kalau kalian belajar nya dengan tekad dan niat akan bisa terlebih dahulu, setelah itu baru kalian bertanya tanya pada diri sendiri seperti “Untuk apa aku belajar gitar? Kenapa aku belajar gitar? Apakah gitar menjadi talent terpendamku?” dengan cara kalian bertanya tanya seperti itu, biasanya akan muncul motivasi agar tetap disiplin dalam melatih kalian dalam belaja gitar (karena jujur aku disuruh guru ku untuk melakukan seperti itu, dan hasil nya cukup memuaskan juga)
Kuasai kunci dasar terlebih dahulu
Yang perlu pertama kalian lakukan adalah belajar memainkan kunci dasar dulu guys. Kunci dasar itu di antaranya adalah C, D, E, F, G, A, dan B. Kalian perlu menghafal dan menguasai kunci tersebut untuk dasar bermain gitar. Kunci tersebut sangat banyak dimainkan pada beberapa lagu yang menggunakan nada dasar C.Untuk belajar gitar otodidak, kalian dapat membaca artikel tentang belajar kunci dasar berbagai refrensi dari buku buku panduan belajar gitar.

Menyetem gitar


Setelah kalian dapat memainkan chord dasar, maka cara belajar gitar otodidak selanjutnya adalah menyetem gitar. Dengan kalian bisa menyetem maka anda tidak perlu susah susah untuk meminta bantuan orang lain lagi. Cara menyetem gitar juga termasuk dalam cara cepat belajar gitar dan belajar gitar otodidak oleh karena itu kalian perlu menguasainya, Nah jika senar gitar sudah terstem dengan sempurna, maka nada yang dihasilkan gitar juga tidak fals. Disini juga kalian akan mulai diasah pendengaran nya loh guys.
Mempelajari semua jenis chord
Saat ini kalian sudah berada di level menengah untuk menguasai gitar sehingga kalian sudah siap untuk mempelajari berbagai macam chord gitar yang berbeda beda. Dengan menguasai banyak kunci variasi, maka permainan gitar kalian juga otomatis akan lebih bervariasi dan tentunya lebih kaya akan nada. Selain itu, dengan chord variasi kalian juga dapat membuat suasana lagu semakin terasa. Setelah sebelumnya kalian memiliki basic bermain kunci dasar dengan baik, nah sekarang saatnya kalian belajar jenis chord yang lain .
Belajar kunci gantung
Kunci gantung adalah bentuk lain dari kunci dasar, dengan kunci gantung ini kita bisa menghasilkan nada yang lebih ngebass atau lebih warm. Hal itu karena kunci gantung menggunakan senar nada rendah sebagai nada dasar patokannya. Kunci gantung ini juga merupakan cara cepat belajar gitar yang harus kalian kuasai. Kalian dapat dengan mudah membentuk kunci apapun baik mayor maupun minor menggunakan kunci gantung, kalian juga bisa berpindah chord dengan cepat karena hanya memerlukan perpindahan posisi saja tanpa mengubah bentuknya. .
Belajar memetik gitar

Nah ini memang sudah mulai memasuki level atas, untuk dihasilkan perpaduan nada nada yang merdu diperlukan suatu teknik bermain gitar. Teknik itu adalah teknik petikan gitar, namun sebelum kalian belajar teknik ini pastikan kalian sudah bisa menguasai berbagai kunci pada cara cepat belajar gitar sebelumnya. Hal itu karena teknik memetik gitar ini membutuhkan jari yang lentur dan koordinasi jarinya pun juga harus tepat.


Nah sekian dari tips tips agar cepat mahir dalam bermain gitar dan di tulisan selanjutnya akan aku beri tips cara cepat mahir dalam bermain piano, ketekunan dan motivasi tetap paling utama yah guys. Dan paling no satu nya adalah berdoa hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar