Jumat, 01 April 2016

Mengenal Musik Orchestra


          Pernah liat sekumpulan orang orang diatas panggung dengan pakaian rapih rapih sambil memainkan alat musik klasik seperti string, brass, woodwind dengan sangat indah? Yup itulah yang dibilang banyak orang sebagai orkestra. Siapa yang tidak kagum melihat pertunjukan orkestra? Menurut aku pribadi sih jujur, orkestra sudah masuk kekategori Over Awesome, karena menyatukan berbagai banyak alat musik sampai menjadi Simfoni yang sangat indah bukanlah perkara yang sangat mudah dilakukan, terlebih lagi jika di Conductor (orang yang memimpin orkestra) adalah maestro maestro seperti Claudio Abbado, Riccardo Mutti, dan dari Indonesia adalah Adie M.S.

        Orkestra adalah kelompok musisi yang memainkan alat musik bersama. Mereka biasanya memainkan musik klasik. Orkestra adalah ensemble instrumental besar yang biasanya terdiri dari bagian-bagian alat musik string (biola, viola, cello, double bass), brass (trompet), woodwind (alat musik tiup), dan instrumen perkusi. Instrumen lain seperti piano dan celesta kadang-kadang dapat diikutsertakan dalam orkestra ini. Sedangkan penambahan alat musik elektrik setelah perkembangan orkestra pada saat ini seringkali menampilkan harpa elektrik dan juga keyboard. Dalam Yunani kuno, orkestra berarti area antara tempat duduk penonton dan panggung, yang digunakan oleh penyanyi koor dan pemain musik. Kata orchestra dalam bahasa Yunani diterjemahkan sebagai tempat menari. Di beberapa teater, istilah orchestra merujuk ke tempat-tempat duduk di depan panggung, atau yang sering disebut dengan primafila atau platea. Tetapi istilah ini lebih tepat disebut dengan panggung atau aula konser.
Sebuah orkestra dengan komposisi pemain atau musisi berjumlah sekitar 50 musisi atau kurang disebut dengan Chamber Orchestra, sedangkan orkestra dengan jumlah musisi sekitar 70-100 musisi disebut dengan Symphony Orchestra atau bisa disebut dengan Philharmonic Orchestr.. Sebuah orkestra biasanya dipimpin oleh seorang konduktor dengan mengatur tempo dan alunan irama musik melalui gerakan tangan atau tubuhnya.
Sejarah Awal Orchestra

             Orkestra pada awalnya terdiri dari kelompok-kelompok musisi kecil yang berkumpul untuk sebuah acara festival, liburan atau pemakaman. Hal tersebut tidak sampai pada abad ke-11 komposisi sebuah instrumen dimainkan dengan menghasilkan perbedaan nada dan oktaf. Sedangkan sebuah orkestra moderen dimulai pada akhir abad ke-16, dimana pada saat itu seorang komposer menulis sheet atau tabulature musik untuk sebuah kelompok pemain instrumen atau disebut orkestra. Sedangkan pada abad ke-15 dan 16 di Itali, musik orkestra sering dikombinasikan dengan sebuah tarian dan dialog dalam bentuk teater atau opera. Sehingga pada abad ke-17 sebuah musik sering dimainkan dalam bentuk kelompok dan kombinasi, yang merupakan awal mula dengan munculnya permainan musik orkestra moderen.

Pada abad ke-17 dan awal abad ke-18, sebuah kelompok pemain instrumen diambil dari pemilik-pemilik bakat yang tersedia pada saat itu. Seperti seorang komposer Johan Sebastian Bach memegang penuh atas hampir semua sumber daya musik di kota pada saat itu, sedangkan bagi komposer Handel akan menyewa musisi-musisi terbaik yang bersedia bergabungdengannya. Pada saat itu sebagian bangsawan mulai membuat rencana perjalanan untuk sebuah permainan orkestra. Diantara mereka mulai menyewa musisi untuk membentuk sebuahensemble yang permanen. Seperti komposer muda Joseph Haydn mulai memiliki anggota orkestra yang tetap dan mulai bekerja dengannya. Sedangkan pada saat yang sama, seorangVirtuoso muda Wolfgang Amadeus Mozart menulis musik-musik konserto dan bepergian dengan memamerkan keterampilan mereka. Dimana perjalanan mereka lakukan dari kota ke kota, dengan mengatur konser sepanjang jalan. Sebuah orkestra aristokrat (bangasawan) saling bekerja sama dalam waktu yang lama, sehingga memungkinkan untuk ensemble orkestra terus meningkatkan keterampilan permainannya karena keterbiasaan tampil di depan pubik.


Nah itulah tulisan aku tentang hebat nya orchestra, semoga bermanfaat dan bisa nambah wawasan yah. amiiieeennn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar