Rabu, 06 April 2016

Mengenal Akord dalam Musik

            Akord dalam musik memang sangatlah penting guys, salah satu nya untuk memperindah harmoni dalam bermusik, oleh karena itu peranan akord dalam musik sangatlah besar untuk memperindah musik itu sendiri guys. Dengan mempelajari dan mengetahui peranan dan fungsi akor, maka kita tidak akan ragu-ragu dalam memberikan nuansa bunyi musik pada suatu lagu.

Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organ, dan electone.

Jenis-jenis Akord
Akord itu banyak ada banyak macamnya guys. Antara lain akord mayor, akord minor, akord dominan septim, akord diminished, akord augmented, akord minor 6, akord mayor 7, akor dsuspended dan masih banyak yang lainnya. Akord yang paling sering dipakai dalam suatu lagu yang sederhana adalah akord mayor, akord minor dan akord dominan septim. Akord lainnya digunakan untuk memperindah atau mengubah kualitas suatu lagu.
Akord mayor
Akord mayor adalah akord yang interval antara nadanya 2 - 1 1/2
Contoh akord mayor : Akord C = C - E - G
Akord mayor juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor
Akord minor
Akord minor adalah akord yang interval antara nadanya 1 1/2 - 2.
Contoh akord minor : Akord Cm = C - Es - G
Akord minor juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor, namun nada ke-3 turun 1/2 laras.
Akord Aughmented
Akord augmented adalah akord yang interval antara nadanya 2 - 2.
Contoh akord aughmented : Akord Caug / C+ = C - E - Gis
Akord aughmented juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor, namun nada ke-5 naik 1/2 laras
Akord Diminished
Akord diminis adalah akord yang interval antar nadanya adalah 1 1/2 - 1 1/2.
Contoh akord diminished : Akord Cdim = C - Es - Ges
Akord diminished juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor, namun nada ke-3 dan ke-5 turun 1/2 laras

Sekian dari tulisanku tentang mengenal akord, semoga bermanfaat yah guys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar