Sabtu, 11 Juni 2016

Fungsi Musik di Tiap-tiap Zaman

1. Fungsi Musik pada Zaman Prasejarah
  
Musik pada zaman prasejarah sangat erat hubungannya denganmagis, kegiatan upacara-upacara religious dan  mistik, seperti penyembuhan orang yang sakit, usaha membunuh binatang buruan, persembahan sesajen di tempat –tempat keramat, dsb.

Bukti peninggalan yang sangat terbatas, dapat diketahui bahwa pada masa ini, sudah terdapat musik dalam bentuk nyanyian-nyanyian, yaitu :
·                     Nyanyian untuk Iringan Tari pada saat Upacara
·                     Nyanyian untuk Iringan Kegiatan Bekerja
         Di beberapa daerah, sampai sekarang kegiatan ini masih dipertahankan keberadaannya sesuai dengan adat istiadat daerah setempat. Musik yang dianggap memiliki kekuatan gaib harus dimainkan secara khidmat dan cermat. Yang terlihat dari aspek-aspek berikut :

     1) Irama, yaitu aksen-aksen musik yang dimainkan pada alat-alat tetabuhan yang bunyinya kuat. Bunyi tersebut diantaranya bunyi gendering dan kentongan.
      2) Aturan penyajian, yaitu aturan yang mencakup berapa kali musik tersebut harus dimainkan untuk tujuan apa musik tersebut disajikan dan apa fungsinya.

2.        Fungsi Musik pada Zaman Klasik 

         Musik klasik adalah musik masa lampau yang memperlihatkan tata tertib penyajiannya. Istilah zaman klasik yang berhubungan  dengan perkembangan musik merupakan penjelasan sebuah kurun waktu tertentu pada masa lampau yang berhubungan dengan fungsi musik pada masa itu.
Di Indonesia, para pencipta musik tradisional pada umumnya memandang dunia musik selalu berkaitan dengan ajaran etika, moral, agama, dan kepercayaan. Oleh karena itu, musik selalu difungsikan sebagai:
1. Media untuk mencapai terwujudnya nilai-nilai luhur yang terkandung  dalam ajaran – ajaran tersebut.
2. Identitas dari suatu kebudayaan dan peradaban tertentu yang merupakan warisan sejarah secara turun temurun.
Sedangkan di Barat, karya-karya musik yang diciptakan para komponisnya menunjukan identitas dari periodisasi perkembangan musik itu sendiri. Contoh musik sebagai :

                   - Pengagungan Kebesaran Tuhan
                   - Penyadaran Diri
                   - Mengungkap Rahasia Hidup


3.        Fungsi Musik pada Zaman Modern

Zaman modern dimulai pada tahun 1900-an sampai sekarang. 
Hal yang mempengaruhinya adalah hasil penemuan para ahli pada zaman ini.
Misalnya : Energi listrik, mesin uap, pesawat terbang, dan komputer. Sehingga, peradaban manusia zaman modern sekarang sangat berbeda dengan peradaban manusia abad ke 19 sebelumnya.

Perubahan juga terjadi pada bidang musik, yaitu dengan dibuatnya alat-alat musik yang menggunakan energi listrik atau biasa disebut alat musik electric, seperti gitar, drum, bass, dan keyboard
Fungsi pokok musik pada zaman Modern diantaranya:
         - Fungsi Pengungkapan Emosional
         - Fungsi Hiburan 
         - Fungsi Sosial
         - Fungsi Reaksi Jasmani 
         - Fungsi Komunikasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar