Senin, 06 Juni 2016

Vocal Grup

I.           Pengertian Vokal Group

Vokal Grup adalah kumpulan beberapa penyanyi yang tergabung danmenyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda, antara lain sopran, alto, bass, tenor. Sopran dan alto merupakan jenis suara untuk wanita. Sedangkan bass dan tenor merupakan jenis suara pada laki-laki. Vocal group (ANSAMBLE VOCAL) adalah Kelompok penyanyi yangmengandalkan skill individual serta  musicalitas yang perfect. perkembangan vocal group dewasa ini bisa di bilang cukup, dilihat dari warna vocal, pembawaan, ataupun penggarapan sudah menunjukkan perkembangan yang luar biasa.
Seperti halnya Vocal Group, atau kelompok vocal yang ada di Gereja, Sekolah, Instansi dll, semuanya sudahmenunjukkan perkembangan yang luar biasa dalam kesempatan ini saya akan memaparkan beberapa Ciri Khas Vocal Group:
Sering kita tidak mengetahui perbedaan Vocal Group dan Paduan Suara, perbedaannya adalah:
  1. Jumlah anggotanya, Vocal Group mempunyai anggota yang lebih sedikit dari Paduan Suara, yaitu kurang lebih 5-10 orang dengan 1-2 pemusik, sedangkan paduan suara jauh lebih banyak (bisa lebih dari 20 orang).
  2. Pembagian suaranya, jika di Vocal Group suara dibagi menjadi suara Alto, Mezzo-sopran, Sopran, Tenor, Baritone, dan Bass sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing-masing; di Paduan Suara, suaranya dibagi menjadi 4 suara berdasarkan frekuensi suara penyanyi yaitu Sopran, Alto, Tenor,dan Bass atau dengan satu suara saja (unisono).
  3. Pada Paduan Suara dipimpin oleh seorang dirigen yang sekaligus sebagai pelatih , sedangkan pada Vocal Group tidak ada dirigen.
  4. Dari segi aransemen lagu, Vocal Group aransemennya lebih bebas.  Dari segi alat musik pengiring Vocal Group tidak hanya memakai alat musik akustik saja tetapi juga boleh menggunakan alat music elektrik. Kalau paduan suara biasanya menggunakan iringan piano. Tetapi seiring perkembangan jaman, alat musik pengiring Paduan Suara sudah mulai bebas. Pada Paduan Suara terkadang tidak diiringi dengan alat musik, yang disebut sebagai accappela, ada yang diiringi satu atau beberapa alat musik, dan ada pula yang diiringi satu orkestra penuh.

II.         Peran-peran dalam Vokal Group

  1. Lead Vocalist : lead vokal adalah bagian yang mengharuskan penyanyi menyanyikan lagu dengan nada yang paling tinggi dan powerful dari yang lainnya pada nada-nada tertentu.
  2. Main Vocalist : main vokal adalah bagian vokal dengan nada suara yang sedang, artinya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (biasanya Main Vocal Group sering mendapat jatah menyanyikan lagu paling banyak).
  3. Sub Vocalist : sub vokal adalah bagian vokal yang setingkat lebih rendah dari main vokal (sub vokal biasanya mendapat bagian lagu yang paling sedikit), Sub Vocal terkadang juga menjadi Sub Rapper.
  4. Vokalist : Vokalis adalah bagian vokal yang hampir sama dengan Sub Vokal, hanya saja biasanya Sub Vokal merangkap menjadi Sub Rapper, tapi kalau Vocalist biasanya menjadi Back Sound ketika Lead Vokal bernyanyi.
  5. Lead Rapper : lead rapper adalah bagian rapper yang sering menyanyikan lagu rapper dalam vokal group, biasanya lead rapper menyanyikan lagu dengan suara yang hampir sama, yaitu suara yang terdengar lebih lembut dari Main Rapper atau Sub Rapper.
  6. Main Rapper : rapper utama adalah bagian rapper yang menyanyikan lagu rapper dengan bagian yang lebih sedikit dari lead rapper, biasanya suara main rapper sedikit lebih cepat dalam bernyanyi daripada lead rapper.
  7. Sub Rapper : sub rapper adalah bagian rapper yang biasanya bernyanyi setelah suara main rapper, sub rapper sering merangkap menjadi Sub Vokalis, karena suara sub rapper yang dituntuk lebih lembut dari main rapper atau lead rapper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar