Sabtu, 11 Juni 2016

Mengenal Gitar Resonator

Apa itu Gitar Resonator? Gitar resonator atau Gitar Resophonic merupakan gitar akustik dimana suara bersumber dari satu atau lebih kerucut logam yang berputar (resonator) bukan berbahan papan kayu pada top bodynya. Gitar Resonator awalnya dirancang agar suara yang dihasilkan menjadi lebih keras dibanding dengan gitar berbahan dasar kayu pada umumnya dimana tidak dapat bersaing dengan instrumen lainnya ketika pada acara seperti orkestra. Gitar Resonator terdiri dari Square Necked (Persegi) dan Rounded Necked (Membulat).
Beberapa desain Gitar resonator diantaranya Tricone, dengan tiga kerucut logam dan Kerucut Tunggal yang dirancang pertama kali oleh Pabrik Gitar National, Sedangkan desain yang paling popular adalah Desain dengan Kerucut terbalik yang lebih di Kenal Dobro, yang merupakan merek dagang terdaftar dari Pabrikan Gitar terkemuka yaitu Gibson yang digunakan untuk desain tertentu pada Gitar Resonator. Kelebihan Gitar Resonator dengan Desain Dobro karena Gitar tersebut menghasilkan suara yang lebih keras daripada desain tricone serta pembuatan yang lebih murah. Body Gitar resonator dapat terbuat dari material kayu, logam, atau bahan lainnya. Biasanya ada dua lubang suara utama, diposisikan di kedua sisi dari perpanjangan fingerboard.


Berikut adalah contoh video dari suara gitar resonator;
Gitar Resonator umumnya dimainkan sebagai lap steel guitar, dengan design square. Babak Versi berleher sama mampu baik stainless lap atau posisi gitar Spanyol. Ini dapat dibuat dengan berbagai ketinggian tindakan, mulai dari setengah inci disukai untuk gitar baja (memanfaatkan frets hampir mustahil) untuk sebagian kecil dari satu inci digunakan oleh gitaris konvensional. Kompromi adalah yang paling umum, yang memungkinkan penggunaan bottleneck pada string atas tetapi juga menggunakan frets yang diinginkan, dengan gitar yang dimainkan dalam posisi konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar